"WELCOME TO YUDHOIZATION"

Friday, August 19, 2011

Clasico: Angka dan Fakta Leg Pertama Supercopa


http://yudhoization.blogspot.com

Pada leg pertama di Santiago Bernabeu, Barcelona memaksakan skor imbang 2-2. Real Madrid unggul lebih dulu melalui Mesut Ozil sebelum gol brilian David Villa dan Lionel Messi membawa Barca unggul 2-1 di babak pertama.
Tendangan keras Xabi Alonso pada menit-menit awal babak kedua menyelamatkan Madrid dari kekalahan sekaligus menjanjikan laga seru masih akan tersaji pada leg kedua hari Kamis (18/8) dini hari WIB di Nou Camp.
Berikut rangkuman angka dan fakta menarik dari leg pertama Supercopa.
- Barcelona merupakan juara bertahan Supercopa. Tahun lalu, pada leg pertama Barca kalah 1-3 di kandang Sevilla, namun berbalik menang 4-0 saat leg kedua di Nou Camp.
1 - Xabi Alonso merupakan pemain asal Basque pertama dalam 59 tahun terakhir yang mencetak gol di laga Clasico.
1 - Mesut Ozil menjadi pemain Jerman pertama yang mencetak gol di Supercopa . Sedangkan umpan dari Karim Benzema merupakan assist pertama oleh pemain Prancis dalam sejarah Supercopa .
1 - Gol David Villa pada menit ke-36 merupakan shot on goal pertama ke gawang Iker Casillas.
1 - Ini merupakan pertama kalinya Barcelona terhindar dari kekalahan di ajang Supercopa saat tampil di Santiago Bernabeu. Empat laga sebelumnya Barca selalu kalah.
2 - Barcelona hanya mencatat dua shot on goal pada babak pertama, tapi keduanya menjadi gol.
2 - David Villa mencetak gol keduanya di laga Supercopa . Gol pertama ia cetak tiga tahun lalu, juga ke gawang Real Madrid.
3 - Bila Barcelona juara Supercopa tahun ini, mereka mencatat hattrick alias tiga kali juara berturut-turut di era Guardiola (2009 dan 2010). Namun Real Madrid pernah hattrick juara sebelumnya (1988, 1989, dan 1990).
4 - Dalam empat kesempatan menghadapi Supercopa menghadapi Real Madrid, Barca selalu gagal juara (1988/89, 1990/91, 1993/94 and 1997/98).
5 - Pep Guardiola telah lima kali bertanding di Bernabeu sebagai pelatih. Rekornya cukup fantastis, menang tiga kali dan belum pernah kalah.
5 - Lionel Messi selalu mencetak gol dalam lima pertandingan terakhirnya di Santiago Bernabeu dengan total tujuh gol.
5 - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Real Madrid gagal menang dalam lima pertandingan kandang berturut-turut lawan Barcelona.
6 - Messi mencetak 6 gol dalam 4 laga terakhirnya di Supercopa. Messi hanya butuh satu gol untuk menyamai rekor Raul Gonzalez (7 gol).
9 - Barcelona merupakan tim pengoleksi gelar Supercopa terbanyak, total Barca meraih 9 kali juara dalam 16 kesempatan. Real Madrid mengoleksi satu gelar lebih sedikit dan tiga kali menjadi runner up.
11 - Messi telah mencetak 11 gol dalam 14 laga resmi terakhirnya saat menghadapi Real Madrid.
27 - Gol kedua Barca yang dicetak Lionel Messi merupakan gol ke-27 Messi untuk Barcelona sepanjang tahun 2011 ini. Total, ia telah bermain dalam 32 pertandingan resmi.
700 - Mesut Ozil mencetak gol ke-700 dalam sejarah Clasico, di semua kompetisi. Pencetak gol pertama Clasico juga berasal dari Jerman, Udo Steinberg.
1983 - Barcelona pertama kali menjadi juara Supercopa tahun 1983, setahun setelah kejuaraan ini digelar, saat itu Barca mengalahkan Athletic Bilbao.

No comments:

Post a Comment